Tips Menghindari Penipuan Online

Tips Menghindari Penipuan Online

Perkembangan teknologi pada dewasa ini semakin berkembang pesat, tidak hanya di Indonesia bahkan diseluruh dunia, hal ini bukanlah tanpa sebuah alasan perkembangan yang begitu pesat diakibatkan oleh semakin mudahnya akses internet di masyarakat. Namun kali ini saya akan membahas secara khusus di Indonesia. Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel Cara Memulai Bisnis Online jumlah pengguna internet Indonesia per tahun 2016 berjumlah sebanyak 132.000.000 pengguna aktif. Tentu hal ini menjadi kabar bahagia bagi orang yang bisa melihat peluang dengan berbisnis online. Selain pasarnya yang akan terus berkembang memulai sebuah bisnis online juga hanya memerlukan modal yang relatif kecil. Hal inilah yang membuat banyak orang di Indonesia berlomba-lomba merebut pasar dan perhatian pengguna internet di Indonesia, bahkan pesaing pun tidak hanya datang dari dalam negeri banyak pula perusahaan luar negeri yang mencoba peruntungannya berbisnis online di Indonesia sebut saja Lazada.co.id dan Zalora.co.id.

Namun perkembangan yang begitu pesat tersebut tentu membawa dampak yang baik dan buruk bagi pengguna internet di Indonesia, salah satu dampak buruk yang menghantui para pengguna internet adalah penipuan online. Masih banyak orang yang berbelanja online berakhir dengan tertipu oleh sang penjahat dunia maya. Masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara untuk menghindari penipuan online. Jadi, bagi kamu yang sering berbelanja online tapi belum tahu cara menghindari penipuan online maka kamu sudah tepat berada di IndraGouw.id karena disini adalah media berbagi segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis online dan internet marketing.

 

Bagaimana Sih Menghindari Penipuan Online?

Baiklah langsung saja beberapa tips yang dapat saya bagikan untuk kamu :

  • Cek Testimonial Toko Online

Semakin banyak testimonial yang dimiliki artinya semakin bisa dipercaya suatu toko online, jadi jangan terburu-buru dalam berbelanja telusuri bagaimana kesan orang-orang terhadap toko online bersangkutan. Namun testimonial saja tidak cukup, karena bisa saja testimonial tersebut palsu, jadi pastikan lagi ya yang memberi testimonial adalah pembeli asli kalau bisa dihubungi aja orangnya.

  • Jangan Tergiur Harga Murah

Ini adalah faktor yang membuat banyak orang akhirnya tertipu dengan modus penipuan online, usahakan setiap kali belanja cek dulu harga pasarannya sebelum memutuskan untuk membeli disuatu toko online. Kalau memang harga yang ditawarkan terlampau murah walaupun penjual memiliki 1001 alasan jangan langsung percaya ya karena bisa saja itu hanya modus.

  • Gunakan Jasa Rekening Bersama (Rekber)

Jika kamu memang sudah tergiur dengan barang yang dijual dan harga yang murah, lakukan transaksi menggunakan jasa rekening bersama. Jika penjual menolaknya berarti ada indikasi penipuan, namun bukan berarti semua penjual yang menolak artinya penipu, bisa saja mereka tidak suka sistem yang ribet. Jika penjual menolak dan kamu masih ada keraguan silahkan cari penjual lain yang mau menggunakan jasa rekening bersama.

  • Cek Reputasi Penjual

Pada jaman yang serba modern ini identitas seseorang sangat gampang untuk ditelusuri. Silahkan ketikan nama atau nomor rekening atau nama toko online penjual di mesin pencari seperti Google, dari hasil pencarian tersebut akan terlihat hasil pencarian dan kamu baca apakah sudah ada review jelek atau belum dari toko online tersebut. Jika toko online tersebut penipu bisa saja ada orang lain yang menuliskan review jelek terhadap toko onlinenya.

  • Berbelanja di Marketplace

Ini adalah salah satu cara paling efektif menurut saya, karena selain simpel transaksi kamu juga dijamin aman. Biasanya marketplace sudah dilengkapi dengan sistem yang canggih dan berbagai varian metode pembayaran, daripada bingung karena pembayaran yang susah saya sarankan belanja saja di marketplace. Sekarang sudah banyak kok marketplace yang terpercaya salah satunya adalah Tokopedia.com

  • Bertanya Kepada Orang Lain

Cara terakhir ini sebenarnya kurang efektif menurut saya karena mungkin lebih repot dan butuh waktu lama menunggu respon dari orang-orang dan belum tentu informasi yang diberikan 100% benar. Kamu bisa posting status atau di grup di Facebookmu lalu bertanya kepada teman-temanmu apakah toko online tersebut aman atau tidak. Jika ada respon jelek pada pertanyaan kamu, sebaiknya kamu berhati-hati atau lebih waspada untuk berbelanja di toko online tersebut.

Baiklah diatas adalah tips menghindari penipuan online menurut saya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan mari kita menjadi pengguna internet yang pintar dan tidak mudah tertipu dengan penawaran yang tidak jelas di internet. Terima kasih sudah mampir di blog ini ditunggu kunjungan berikutnya.

 

Salam Sukses untuk Kamu,

Indra Gouw

Share this post