Pengertian Hosting: Hal Yang Berhubungan Dengan Hosting

Pengertian Hosting: Hal Yang Berhubungan Dengan Hosting

Setelah saya membahas tentang Pengertian Domain: Hal Yang Berhubungan Dengan Domain kali ini saya ingin membahas tentang pengertian dari hosting. Hosting ini merupakan hal wajb yang kamu miliki setelah domain, kalau pada artikel sebelumnya saya menuliskan domain ada alamat dari website kamu, sekarang hosting ini saya ibaratkan sebagai rumah. Karena percuma ketika orang mengetahui alamatmu tetapi ketika mereka mendatanginya ternyata rumah kamu tidak ada. Itu adalah perumpamaan yang bisa saya berikan agar kamu bisa lebih mudah memahami maksud dan tujuan dari artikel ini. Tidak sedikit orang yang masih belum mengerti apa itu pengertian hosting sehingga menjadikan inspirasi blog IndraGouw.id untuk mengangkat tema ini sebatas pengetahuan yang saya miliki. Secara teknis hosting adalah layanan penyimpanan data berbasis internet atau tempat dimana aplikasi online berjalan dan diproses sehingga dapat menjadi suatu layanan. Semua proses data berpusat pada server dan semua orang yang terkoneksi pada jaringan internet bisa mengaksesnya.

Jenis Penggunaan Layanan Hosting

  • Website sebagai media penyimpanan data dan aplikasi yang dapat diakses melalui port http
  • Email sebagai pusat data keluar masuk email biasa digunakan oleh pribadi maupun perusahaan
  • VPN sebagai media lapisan perlindungan untuk menutupi IP asli dari pengakses internet sehingga yang terbaca adalah IP server yang digunakan
  • FTP sebagai media transfer data dari atau ke server oleh klien melalui perangkat komputer

Karena hosting menggunakan server sebagai pusat data maka tentu server harus menggunakan perangkat yang kuat. Oleh karena itu server biasanya dibangun menggunakan perangkat komputer yang handal dengan sistem pengamanan dan pendinginan yang mumpuni untuk meminimalisir kerusakan karena server harus berjalan selama 24 jam dan 7 hari setiap minggunya. Karena jika saja server mati maka semua aplikasi atau website yang kebetulan berada di server itu akan menjadi down atau tidak bisa diakses hingga perangkat server tersebut berjalan normal kembali, oleh karena itu biasa pihak provider hosting mengupayakan server mereka dapat berjalan terus dengan minimal waktu down. Semakin sering suatu server mengalami kondisi down pelanggan yang menggunakan jasa mereka akan berpindah ke layanan lain dan menyebabkan kerugian bagi perusahaan penyedia layanan hosting.

Server juga dilengkapi dengan layanan koneksi internet berkecepatan tinggi, biasanya untuk hosting lokal menggunakan port 100 mbps dan internasional menggunakan port 1 gbps namun sudah banyak hosting lokal yang sudah menggunakan port 1 gbps untuk meningkatkan kecepatan akses servernya. Alasan mengapa server harus dilengkapi dengan koneksi internet cepat, hal itu disebabkan oleh tanggungjawab server untuk melayani permintaan data baik download maupun upload dari kliennya yang mungkin berasal dari kota atau bahkan negara yang berbeda dalam satu waktu yang bersamaan. Jadi bisa disimpulkan semakin cepat koneksi internet suatu server maka semakin cepat pula akses sebuah aplikasi atau website pada server tersebut. Namun kecepatan koneksi bukan menjadi alasan tunggal kecepatan, ada masalah teknis lain lagi seperti processor, ram, dan lokasi server yang memberikan dampak cukup besar pada kecepatan akses suatu aplikasi atau website.

Pada masa awal, tidak semua orang bisa memiliki hosting ataupun domain hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Namun seiring perkembangan teknologi masa kini, semakin banyak perusahaan-perusahaan baru yang menawarkan produk hosting dan domain dengan harga yang sudah sangat terjangkau. Bahkan dengan uang tidak lebih dari satu juta kamu sudah bisa mendapat teknologi cloud hosting dengan spesifikasi mumpuni selama setahun. Salah satu perusahaan hosting yang saya rekomendasikan adalah DewaWeb.com seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada artikel mengenai domain sebelumnya. Semoga dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat pada masa kini membawa dampak positif pada kita sehingga kita bisa mengambil peran pada era digital ke arah yang lebih baik lagi dan dapat membantu sesama.

 

Salam Sukses untuk Kamu,

Indra Gouw

Share this post