Pengertian Bisnis Affiliate Marketing

Pengertian Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis ini adalah salah satu bisnis yang terpopuler sepanjang masa dan banyak sekali orang yang menggeluti bisnis ini. Bukan hanya karena mudah namun bisnis ini hampir tidak perlu menggunakan modal untuk menjalankannya. Bisnis afiliasi atau biasa disebut affiliate marketing adalah suatu model bisnis dengan konsep sederhana dan sebenarnya mungkin pernah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari namun kita tidak menyadarinya.

 

Banyak orang memilih belajar berbisnis online cenderung pertama kali adalah affiliate marketing, karena proses yang mudah dan bisa dibilang instan. Selain itu tidak semua orang mampu membuat produknya sendiri karena selain membutuhkan usaha yang lebih besar, tidak semua orang mempunyai hal unik yang mempunyai nilai jual sehingga membuat orang ingin membelinya.

 

Seperti yang saya katakan diawal tadi, model bisnis affiliate marketing mungkin pernah kita terapkan di kehidupan sehari-hari yang bisa kita sebut dengan makelar. Yaitu pihak yang menjual produk orang lain dengan mendapat keuntungan berupa selisih atau komisi dari pemilik produk, hanya saja dalam kasus affiliate marketing dilakukan secara online sehingga kita tak perlu bertatap muka dengan orang lain lagi. Jadi dengan menjadi seorang affiliate marketer kita bisa juga disebut sebagai makelar online.

 

Bagaimana sih cara kerja affiliate marketing?

Konsepnya sangat sederhana karena memang model bisnis ini simpel dan memiliki banyak sekali peminatnya. Bukan hanya dari Indonesia namun model bisnis ini terkenal hingga ke seluruh dunia. Berikut adalah cara kerja affiliate marketingi ini

 

 

Dari grafik diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa seorang affiliate akan mendapat komisi jika terjadi penjualan pada produk yang dipromosikannya. Jadi tugas utama seorang affiliate marketer adalah promosi. Semakin tepat dan benar promosi yang dilakukan oleh seseorang maka akan semakin efektif promosi yang dilakukan oleh orang tersebut. Komisi yang diberikan tiap pemilik produk juga berbeda-beda, ada yang berubah nilai pasti ada juga yang berbentuk persenan dari harga produk yang terjual. Namun sepengetahuan saya kebanyakan afiliasi menawarkan sistem bagi hasil 50:50 antara pemilik produk dan afiliasinya. Namun tidak terlepas kemungkin ada juga pemilik produk yang memberikan komisi diatasnya bahkan hingga 90%.

 

Anggap saja sebuah produk “X” dijual dengan harga Rp200.000,- dan kamu sebagai afiliasi yang berhasil melakukan penjualan ditetapkan mendapat komisi 50%, artinya dalam setiap penjualan kamu mendapat komisi Rp100.000,- lumayan bukan? Itu baru dari 1 penjualan, bagaimana jika kamu bisa mendapat penjualan hingga belasan atau bahkan puluhan setiap harinya? Itulah alasan mengapa banyak orang yang sangat tertarik dengan bisnis affiliate marketing karena dengan modal yang relatif kecil bisa menghasilkan uang yang lumayan mengisi kantong di akhir bulan.

 

Bagaimana pemilik produk tahu itu penjualan kamu?

Baik, saya juga mendapat beberapa pertanyaan bagaimana seorang pemilik produk bisa tahu bahwa itu penjualan kamu bukan milik orang lain atau bahkan bisa saja tertukar dengan milik penjualan orang lain. Seperti yang saya jelaskan diatas, affiliate marketing dilakukan secara online, sehingga transaksi akan dilakukan melalui sebuah website, dan kamu sendiri akan mendapat URL khusus yang akan membedakan antara kamu dan orang lain. Nah, jika terjadi penjualan dari link milik kamu tersebut, pembeli kamu akan terkunci ke dalam sponsormu dan jika pembeli melunasi pembelian tersebut secara otomatis kamu akan mendapat komisi sesuai dengan yang dijanjikan oleh sang pemilik produk tersebut.

 

Sudah ada inspirasi untuk menjadi seorang affiliate marketer? Perlu Anda ketahui model bisnis ini sangat terkenal diluaran sana, hampir semua platform belanja online memiliki program afiliasi ini. Karena selain menguntungkan afiliasi, cara ini dipercaya mampu meningkatkan trafik website atau penjualan, karena artinya akan banyak orang yang ikut akan mempromosikan produk yang kita jual secara online. Untuk selanjutnya saya akan membahas kelebihan bisnis afiliasi pada postingan saya selanjutnya.

 

Salam Sukses untuk kamu,

Indra Gouw

Share this post

One thought on “Pengertian Bisnis Affiliate Marketing